Monday 24 November 2014

KEKURANGAN BLOGSPOT UNTUK SEO DAN SOLUSINYA



Kekurangan Blogspot untuk SEO dan Solusinya
SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari merupakan cara yang digunakan untuk membuat blog atau website kita menempati urutan pertama pada mesin pencari misalnya google ataupun yang lainnya. Salah satu blog yang sering digunakan untuk SEO adalah blogspot karena praktis dan gratis. Disamping mempunyai kelebihan, blogspot juga mempunyai beberapa kekurangan apabila digunakan untuk SEO. Akan tetapi ada solusi yang dapat dilakukan sehingga tidak masalah apabila kita menggunakan blogspot. Adapun kekurangan tersebut dan solusinya adalah sebagai berikut:
1. Blogspot/Blogger tidak mempunyai "the real categories"
Sebenarnya mesin blogspot tidak memiliki suatu kategori. Kebanyakan blogger hanya menggunakan atau memenfaatkan fitur label sebagai kategori yang digunakan oleh mereka.
robots.txt-nya blogspot yang ditemukan bahwa setiap alamat url yang mengadung "/search" tidak akan di follow oleh robot google menyebabkan alamat tersebut tidak di index oleh google. Contoh alamat url label blogspot (cth: http://blogjuragan.blogspot.com/search/label/Belajar%20SEO%20Blogspot) juga mengandung "/search". Ini berarti bahwa label blogger tidak akan terindex oleh google sehingga  link yang tertuju pada  label blogspot tidak akan dianggap sebagai backlink.
Solusinya  adalah teman-teman harus menggunakan  tag "nofollow" pada masing-masing link menuju label, baik pada posting maupun sidebar.
2. Fitur template yang tersedia pada blogspot tidak SEO friendly
Mulai dari masalah judul atau title, related post, meta tag maupun yang lainnya tidak tersedia dalam blogger. Maka dari itu solusinya adalah teman-teman dapat mengedit kode html blog tersebut dengan menambahkan fitur-fitur yang diinginkan.
1. Templat pada bogspot tidak mempunyai valid xhtml
Valid atau tidaknya templat pada blogsplot tidak akan mempengaruhi SEO. Dapat kita lihat bahwa kata kunci yang ada di google banyak dikuasai oleh blog yang mempunyai mesin blogger. Ketika blog tersebut di cek dengan w3c validator maka akan banyak ditemukan error sehingga blog-blog tersebut tidak bisa muncul dalam SERP google.  Blogspot dengan valid html akan memudahkan teman-teman untuk menempati urutan atas dalam google serp. Solusinya adalah gunakan blogspot valid html
2.  Blogspot memiliki alamat url posting yang terbatas
Apabila teman-teman memposting judul terlalu panjang maka yang muncul di url posting hanya sebagian, biasanya terpotong sampai 6 kata. Tidak seluruh judul yang teman-teman posting menjadi alamat url pada blog yang kita buat. Misal http://blogkuseo.blogspot.com/2014/06/cara-memasang-meta-tag-dalam-setiap.html, padahal judul artikel yang diposting adalah cara pasang meta tag dalam setiap postingan otomatis.
Solusinya adalah pada saat temen-teman akan memposting judul sebaiknya judul diperpendek maksimal 6 kata. Setelah judul terpublish kemudian di edit lagi sesuai dengan judul yang sebenarnya.

4 comments:

  1. Your blog look nice in structure and also good post so carry on some creative post also on it.
    10 Class Result 2016

    ReplyDelete

  2. Your blog is good and nice to look so we are posting comment on it thanks
    England vs west indies live streaming

    ReplyDelete
  3. Your blog look nice and do it more work in case of content and carry on more work also.
    Download Firefox

    ReplyDelete